DINAS PETERNAKAN DAN PERIKANAN

Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan

DISNAKIN ENREKANG

Secara umum Dinas Peternakan dan Perikanan  telah berhasil melaksanakan misi yang diembannya dalam rangka mewujudkan tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan. Keberhasilan ini dapat diukur dengan berbagai indikator kinerja baik itu indikator makro maupun indikator mikro. Indikator makro merupakan ukuran ukuran keberhasilan yang tidak hanya ditentukan oleh Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Enrekang saja, tetapi juga oleh berbagai sektor lain sebagai penunjang. Sedangkan indikator mikro merupakan ukuran keberhasilan yang telah ditetapkan organisasi untuk mengukur kinerja sendiri dengan menggunakan skala ordinal.

Tujuan Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Enrekang menggambarkan arah, target dan langkah strategik yang ingin dicapai antara lain:

  1. Meningkatkan produksi dan produktifitas ternak,
  2. Terpenuhinya konsumsi pangan asal ternak, bahan baku industri dan ekspor,
  3. Tersedianya kesempatan berusaha dan meningkatnya peran kelembagaan peternak, pengusaha dan lembaga terkait lainnya,
  4. Terwujudnya sumberdaya manusia petani dan aparat yang berkualitas.

Sasaran organisasi diharapkan dapat dicapai oleh suatu organisasi dengan memperhatikan perannya terhadap pencapaian Visi dan Misi yang telah ditetapkan. Sasaran menggambarkan target capaian akhir yang hendak dicapai dalam kurun waktu tertentu guna merealisasikan Visi, Misi dan Tujuan organisasi yang meliputi :

  1. Peningkatan pelayanan aparatur.
  2. Peningkatan produksi dan produktivitas peternakan dan perikanan.
  3. Peningkatan pelayanan kesehatan hewan dan kesehatan masyarakat veteriner.
  4. Peningkatan peluang usaha perikanan air tawar dan peternakan.

Persentase pencapaian realisasi kinerja sasaran yang dicapai tahun anggaran 2010 ini yang merupakan tahun ke 2 2009 – 2013 sebesar 97,9% atau dalam hal skala pengukuran termasuk dalam kategori Sangat Baik. Sedangkan pada Pengukuran kinerja Kegiatan dicapai 96,43%. Pada pengukuran kinerja keuangan dicapai 82,406% hal ini berarti ada penghematan penggunaan dana dalam pelaksanaan kegiatan tanpa mengurangi kualitas kegiatan.

Keberhasilan yang dicapai ini berkat upaya-upaya dan komitmen tinggi yang dilakukan oleh seluruh jajaran aparat Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Enrekang selama setahun terakhir dengan strategi dasar berupa: “Meningkatnya populasi ternak potong dan bibit terutama sapi potong guna mendukung program sejuta ekor sapi di Sulawesi Selatan tahun 2013 nanti.

Selanjutnya dalam rangka peningkatan kinerja di bidang pembangunan dan pendayagunaan sumber daya manusia (SDM) khususnya SDM aparatur, maka periode mendatang pelaksanaan program dan kegiatan pada Dinas Peternakan dan Perikanan perlu difokuskan pada :

  1. Percepatan peningkatan kinerja pelayanan publik.
  2. Peningkatan populasi ternak dengan memanfaatkan sumber daya yang ada.
  3. Peningkatan sumber daya manusia peternak, pembudidaya ikan dan aparat.

Dinas Peternakan dan Perikanan akan melakukan upaya yang diperlukan sesuai dengan kewenangan untuk mendorong penyelenggaraan pemerintah agar dapat dilaksanakan dengan berprinsip pada tata pemerintahan yang baik dan berorientasi kepada hasil (Result Oriented Government).

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: